LOGO

This is a free blogger layout from Www.BestTheme.Net blogger site. Feel free to edit and apply for your template.

Detail
On Rabu, 10 Maret 2010 0 komentar

Kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan memburuk. Hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan akan melanda mulai tanggal 9-11 Maret 2010.

Demikian seperti dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam rilis kepada detikcom, Senin (8/3/2010).

Cuaca ekstrim ini disebabkan adanya daerah pumpunan atau pertemuan angin di sekitar Laut Banda hingga Papua bagian tengah yang meningkatkan aktivitas pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian selatan. Kondisi tersebut juga didukung oleh suhu permukaan laut di wilayah perairan Indonesia yang hangat dan kelembaban udara yang tinggi.
Kondisi tersebut akan terus berlanjut disertai dengan pemanasan berskala lokal yang ditandai oleh suhu udara tinggi antara pagi hingga siang hari di beberapa wilayah, sehingga memicu pertumbuhan awan hujan seperti awan Cumulonimbus. Awan tersebut sangat berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat, petir dan angin kencang dengan durasi singkat.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat, petir dan angin kencang, menurut BMKG:

- Pesisir Barat Sumatera bagian tengah dan selatan
- Sumatera bagian tengah dan selatan
- Kalimantan Tengah
- Jawa Barat bagian tengah dan selatan
- Jawa Tengah bagian utara dan timur
- Jawa Timur
- Jabodetabek
- Bali dan Nusa Tenggara
- Sulawesi Selatan dan Tenggara
- Maluku bagian tengah dan tenggara
- Papua bagian tengah

0 komentar:

Posting Komentar